Pertahanan Juve Tak Setangguh Musim Lalu

297

Pertahanan Juve Tak Setangguh Musim Lalu – Saat memenangkan Serie A pada 2011-2012 sampai 2015-2016, Juventus senantiasa mempunyai pertahanan terbagus diantara 20 tim kontestan. Angka kebobolan I Bianconeri dalam lima musim itu tak pernah melebihi 24 gol dalam satu musim.

Ketangguhan pertahanan itu pernah tak terulang pada musim ini. Hingga mendekati libur Natal-Tahun Baru, Juventus cuma peroleh enam hasil clean sheet dalam 17 kompetisi.

Dalam 17 partai itu, gawang Juventus, yang umumnya dikawal Gianluigi Buffon, menanggung derita 14 gol. Bermakna rata-rata 0, 82 gol per kompetisi. Angka itu tambah lebih buruk dari pada musim 2011-2012 sampai 2015-2016.

Soalnya, pelatih Massimiliano Allegri sendiri mengaku utamanya pertahanan yang kuat sebagai modal jadi kampiun.

Pada awal musim ini, Allegri pernah berujar begini pada JTV : ” Satu hal yang tentu : untuk memenangi liga, Anda mesti memiliki pertahanan paling baik. Statistik menyampaikan hal semacam itu. Juga lantaran Juventus serta tim-tim paling baik lain di liga umumnya keduanya sama cetak rata-rata 70 gol per per musim. Jadi, pertahanan paling baik jadi satu aspek yang esensial “.

Walau demikian, peluang terburuk Juventus tidak berhasil jadi juara lantaran berkurangnya kwalitas pertahanan nampaknya batal berlangsung.

Tim Zebra nyatanya lalu sukses melakukan perbaikan performa pertahanannya.